Selasa, 26 Mei 2015

Soal dan Jawaban Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran
BAB 2: Peranan Strategi dan Proses Pemasaran
Pilihan Ganda!
1.      Proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi adalah pengertian dari...
a.       Proses pemasaran                              c. Manajemen pemasaran
b.      Pemasaran                                         d. Strategi pemasaran
2.      Sektor yang penting dalam pendapatan masyarakat adalah...
a.       Strategi pemasaran                            c. Manajemen pemasaran
b.      Pemasaran                                         d. Ekonomi
3.      Dalam proses pemasaran ada ... tahap.
a.       3                                                       c. 5
b.      4                                                       d. 6
4.      Yang termasuk ke dalam proses pemasaran yaitu...
a.       Pemilihan sasaran pasar                    c. Merancang portofolio bisnis
b.      Merancang strategi fungsional                       d. Menyelaraskan kegiatan pemasaran
5.      Mengembangkan rencana pemasaran, tahap proses pemasaran ke...
a.       3                                                       c. 5
b.      4                                                       d. 6
6.      Tujuan perencanaan pemasaran dibagi menjadi...
a.       1                                                       c. 3
b.      2                                                       d. 4
7.      Pemasaran menyediakan falsafah sebagai pedoman yaitu...
a.       Proses pemasaran                              c. Tujuan pemasaran
b.      Konsep pemasaran                            d. Analisis pemasaran
8.      Mendefinisikan visi dan misi perusahaan, masuk ke dalam...
a.       Langkah-langkah perencanaan strategis
b.      Tujuan perencanaan pemasaran
c.       Tahap-tahap proses pemasaran
d.      Analisis pemasaran
9.      Strategi peningkatan posisi persaingan, tahap proses pemasaran ke...
a.       1                                                       c. 3
b.      2                                                       d. 4
10.  Menentukan tujuan dan sasaran perusahaan, masuk ke dalam...
a.       Analisis pemasaran
b.      Tahap-tahap proses pemasaran
c.       Tujuan perencanaan pemasaran
d.      Langkah-langkah perencanaan strategis
11.  Menjamin keselarasan antara bagian dalam mencapai tujuan, masuk ke dalam...
a.       Analisis pemasaran
b.      Tahap-tahap proses pemasaran
c.       Tujuan perencanaan pemasaran
d.      Langkah-langkah perencanaan pemasaran
12.  Langkah-langkah perencanaan strategis dibagi menjadi...
a.       1                                                       c. 3
b.      2                                                       d. 4
13.  Menggunakan cara pemasaran secara intensif dan optimal, masuk ke dalam...
a.       Analisis pemasaran
b.      Tujuan perencanaan pemasaran
c.       Tahap-tahap pemasaran
d.      Langkah-langkah perencanaan pemasaran
14.  Pengembangan program pemasaran, masuk ke dalam...
a.       Proses strategi pemasaran
b.      Tujuan perencanaan pemasaran
c.       Langkah-langkah perencanaan pemasaran
d.      Tahap-tahap pemasaran
15.  Ada berapa cara macam proses strategi pemasaran...
a.       3                                                       c. 5
b.      4                                                       d. 6

BAB 3: Lingkungan Pemasaran
Pilihan Ganda!
1.      Di dalam lingkungan demografis yang diamati pemasar adalah...
a.       Penjual                                              c. Pendapatan
b.      Populasi                                            d. Pesaing
2.      Mengidentifikasi gejala utama lingkungan dan teknologi perusahaan, merupakan ... lingkungan pemasaran.
a.       Ruang lingkup                                   c. Fungsi
b.      Ciri-ciri                                             d. Tujuan
3.      Daya beli yang tersedia dalam ekonomi tergantung pada...
a.       Penjual                                              c. Penghasilan
b.      Barang                                              d. Agen
4.      Suatu bagian yang fokus pada masalah perancangan produk yang aman dan bernilai adalah...
a.       Manajemen puncak                           c. Bagian departemen litbang
b.      Pemasok                                           d. Pesaing
5.      Suatu bagian yang bertanggungjawab menghasilkan produk dengan mutu dan jumlah yang dikehendaki adalah...
a.       Bagian pembelian                             c. Agen
b.      Bagian accounting                             d. Bagian manufaktur
6.      Kekuatan masyarakat lebih luas yang mempengaruhi seluruh lingkungan mikro, merupakan pengertian dari...
a.       Lingkungan makro                            c. Perusahaan distribusi
b.      Lingkungan mikro                             d. Lingkungan ekonomi
7.      Salah satu ancaman yang berhubungan dengan lingkungan alam adalah...
a.       Kelangkaan bahan mentah                c. Banyaknya campur tangan pemerintah
b.      Sumber daya yang terbatas               d. Semua salah
8.      Yang termasuk ke dalam bagian perantara adalah...
a.       Departemen litbang                           c. Lingkungan teknologi
b.      Bagian manufaktur                           d. Perusahaan distribusi
9.      Yang termasuk lingkungan pemasaran adalah...
a.       Lingkungan ekonomi                                    c. Lingkungan alam
b.      Lingkungan makro                            d. Bagian keuangan
10.  Suatu perusahaan pelaku dan kekuatan yang berbeda diluar fungsi manajemen pemasaran perusahaan untuk mengembangkan transaksi yang berhasil dengan para pelanggan sasarannya, pengertian dari...
a.       Lingkungan pemasaran                     c. Lingkungan masyarakat
b.      Lingkungan sosial                             d. Lingkungan alam
11.  Ada berapakah faktor-faktor lingkungan mikro...
a.       4                                                       c. 5
b.      6                                                       d. 2
12.  Lingkungan pemasaran terbagi menjadi...
a.       2 macam                                           c. 4 macam
b.      3 macam                                           d. 5 macam
13.  Lingkungan mikro masuk ke dalam lingkungan...
a.       Pemasaran                                         c. Politik-Hukum
b.      Tekonologi                                        d. Ekonomi
14.  Perusahaan yang membantu perusahaan menemukan pelanggan dan melakukan penjualan kepada pelanggan, merupakan pengertian dari...
a.       Pesaing                                              c. Agen
b.      Perusahaan distribusi                        d. Penjual
15.  Seseorang yang membina hubungan baik dengan orang lain khususnya produsen dalam bidang usaha, merupakan pengertian dari...
a.       Pemasok                                           c. Pelanggan
b.      Agen                                                 d. Pesaing

BAB 4: Pasar Konsumen dan Perilaku Pembelian Konsumen
Pilihan Ganda!
1.      Melalui tindakan-tindakan diri sendiri sebagai dasar untuk menjelaskan perilaku pembelian konsumen, merupakan pengertian dan metode...
a.       Introspektif                                       c. Prosfektif
b.      Retrospektif                                      d. Preskriptif
2.      Model yang mendasar pada arus proses perilaku konsumen untuk membeli atau tidak membeli dikenal sebagai model...
a.       Brand Loyality                                  c. Effects of Learning
b.      Stimulus-Respons Model                  d. Reinforcement Theory of Learning
3.      Terjadi ketika konsumen mempunyai keterlibatan yang tinggi dengan pembelian yang mahal, tidak sering atau beresiko, namun melihat sedikit perbedaan antar merk, merupakan tipe perilaku...
a.       Pembelian pencarian informasi         c. Pembelian pengurangan desonasi
b.      Pembelian kebiasaan                         d. Pembelian kompleks
4.      Konsumen ini membeli barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan suatu organisasi, merupakan wujud konsumen...
a.       Personal consumer                            c. Intermediate consumer
b.      Perilaku konsumen                           d. Organization consumer
5.      Persepsi, merupakan salah satu faktor perilaku konsumen, yang didalamnya masuk ke dalam faktor...
a.       Faktor budaya                                               c. Faktor pribadi
b.      Faktor sosial                                      d. Faktor psikologis
6.      Perilaku pasar bersifat...
a.       Homogen                                          c. Heterogen
b.      Endogen                                            d. Eksogen
7.      Kelompok individual yang membeli dan mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi atau keluarga tanpa maksud lain, merupakan pengertian dari...
a.       Pasar modern                                                c. Pasar produsen
b.      Pasar konsumen                                d. Pasar tradisional
8.      Yang termasuk ke dalam faktor pribadi dalam prilaku pembelian konsumen adalah...
a.       Konsep diri                                       c. Sub budaya
b.      Keyakinan dan sikap                        d. Kelompok
9.      Yang termasuk faktor pengaruh perilaku pembelian adalah...
a.       Intertia                                              c. Brand Loyality
b.      Intraorganisasi                                   d. Produk yang dibeli
10.  Salah satu keputusan dalam pembelian adalah...
a.       Resiko anggapan                               c. Heuristik leksikografis
b.      Evaluasi alternatif                             d. Faktor situasional
11.  Ada berapa macam faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen...
a.       3                                                       c. 4
b.      5                                                       d. 6
12.  Kebutuhan yang mendorong seseorang secara kuat mencari kepuasan atas kebutuhan, merupakan pengertian dari...
a.       Persepsi                                             c. Keyakinan dan sikap
b.      Pembelajaran                                    d. Motivasi
13.  Ada berapa macam dalam faktor-faktor pribadi...
a.       5                                                       c. 3
b.      4                                                       d. 6
14.  Situasi ekonomi masuk ke dalam faktor...
a.       Budaya                                             c. Psikologis
b.      Sosial                                                            d. Pribadi
15.  Kelas budaya masuk ke dalam faktor...
a.       Sosial                                                            c. Psikologis
b.      Budaya                                             d. Pribadi

BAB 5: Sistem Informasi Pasar
Pilihan Ganda!
1.      Suatu struktur yang berkesinambungan dan saling berinteraksi dari orang-orang peralatan dan prosedur untuk mendistribusikan informasi yang ada, pengertian dari...
a.       Sistem informasi pasar                      c. Sistem interaksi perorangan
b.      Sistem informasi perusahaan            d. Semua salah
2.      Apa saja yang dibutuhkan oleh manajemen pemasaran...
a.       Analisis                                             c. Pengendalian pemasaran
b.      Perencanaan                                      d. Semua benar
3.      Ada ... alat memimpin dalam peranan informasi pemasaran.
a.       3                                                       c. 5
b.      4                                                       d. 6
4.      Alat memimpin dalam peranan informasi pemasaran yang benar adalah...
a.       Informasi                                          c. Penganalisisan informasi
b.      Alat untuk pengolahan                      d. Semua benar
5.      Terdapat ... komponen yang terdapat dalam sistem informasi.
a.       2                                                       c. 4
b.      3                                                       d. 5
6.      Komponen sistem informasi pemasaran terdapat ... jenis.
a.       3                                                       c. 5
b.      2                                                       d. 4
7.      Sistem intelijen pemasaran termasuk ke dalam...
a.       Peranan informasi pemasaran
b.      Komponen sistem informasi pemasaran
c.       Ruang lingkup informasi pemasaran
d.      Konsep informasi pemasaran
8.      Yang selalu dihadapkan kepada masalah pengambilan keputusan dibidang pemasaran adalah...
a.       Manajer pemasaran                           c. Pimpinan pemasaran
b.      Informasi pemasaran                        d. Semua salah
9.      Ada berapa ruang lingkup dalam informasi pemasaran...
a.       5                                                       c. 3
b.      4                                                       d. 2
10.  Sumber yang dibutuhkan dalam bidang pemasaran yaitu...
a.       Konsumen                                        c. Harga
b.      Saingan                                             d. Semua benar
11.  Terdapat ... macam dalam sistem pencatatan internal.
a.       4                                                       c. 7
b.      5                                                       d. 8
12.  Buku, surat kabar, publikasi perdagangan masuk ke dalam sistem...
a.       Pencatatan eksternal                          c. Intelijen pemasaran
b.      Pencatatan internal                            d. Semua salah
13.  Terdapat ... bagian dalam marketing intelligence.
a.       2                                                       c. 4
b.      3                                                       d. 5
14.  Ada berapa langkah dalam perusahaan untuk memperbaiki mutu intelijen pemasaran...
a.       3                                                       c. 5
b.      4                                                       d. 6
15.  Sistem riset pemasaran masuk ke dalam...
a.       Komponen sistem informasi pemasaran
b.      Konsep informasi pemasaran
c.       Ruang lingkup informasi pemasaran
d.      Peranan informasi pemasaran

BAB 6: Peramalan Pemasaran
Pilihan Ganda!
1.      Seni atau ilmu untuk memperkirakan kejadian dimasa depan, definisi dari...
a.       Jay Heizer dan Barry Render                        c. Hery Prasetya dan Fitri Lukiastuti
b.      Jay Heizer dan Hery Prasetya                       d. Hery Prasetya dan Barry Render
2.      Suatu usaha untuk meramalkan keadaan dimasa yang akan datang melalui pengujian keadaan dimasa lalu, definisi dari...
a.       Jay Heizer dan Barry Render                        c. Hery Prasetya dan Fitri Lukiastuti
b.      Jay Heizer dan Hery Prasetya                       d. Hery Prasetya dan Barry Render
3.      Penggunaan data atau informasi untuk menentukan kejadian pada masa depan, merupakan pengertian dari...
a.       Peramalan                                         c. Forecast
b.      Forecasting                                        d. Staffing
4.      Kegiatan analisis untuk memperkirakan magnitude, merupakan pengertian dari...
a.       Peramalan                                         c. Forecast
b.      Forecasting                                        d. Staffing
5.      Perkiraan penjualan pada waktu yang akan datang dalam keadaan tertentu, merupakan pengertian dari...
a.       Peramalan                                         c. Forecast
b.      Forecasting                                        d. Staffing
6.      Perkiraan atau proyeksi secara teknis permintaan konsumen potensial untuk suatu waktu tertentu, merupakan pengertian dari...
a.       Peramalan                                         c. Forecast
b.      Forecasting                                        d. Forecast peramalan
7.      Terdapat ... tipe-tipe dalam peramalan.
a.       3                                                       c. 5
b.      4                                                       d. 6
8.      Evaluasi peramalan termasuk ke dalam...
a.       Tipe-tipe peramalan                          c. Jenis-jenis peramalan
b.      Tahapan-tahapan peramalan             d. Faktor-faktor peramalan
9.      Ada ... tahapan dalam suatu peramalan.
a.       4                                                       c. 6
b.      5                                                       d. 7
10.  Pengembangan model termasuk ke dalam...
a.       Tipe-tipe peramalan                          c. Proses peramalan
b.      Tahapan-tahapan peramalan             d. Faktor peramalan
11.  Proses peramalan terbagi menjadi ... proses.
a.       4                                                       c. 6
b.      5                                                       d. 7
12.  Metode peramalan terbagi menjadi ... metode.
a.       2                                                       c. 4
b.      3                                                       d. 5
13.  Forecasting termasuk ke dalam...
a.       Tipe peramalan                                 c. Proses peramalan
b.      Jenis peramalan                                d. Ruang lingkup peramalan
14.  Peramalan kualitatif dan kuantitatif termasuk ke dalam...
a.       Jenis-jenis peramalan                                    c. Proses peramalan
b.      Tipe-tipe peramalan                          d. Ruang lingkup peramalan
15.  Dalam peramalan terdapat ... fungsi peramalan.
a.       4                                                       c. 6
b.      5                                                       d. 7

BAB 7: Segmentasi Pasar, Penentuan Sasaran dan Pemosisian Diri (Positioning)
Pilihan Ganda!
1.      Kriteria Segmentasi menurut geografi yang benar adalah...
a.       Wilayah                                           c. Desa
b.      Kota                                                             d. Semua benar
2.      Terdapat ... kriteria segmentasi.
a.         2                                                     c. 5
b.        3                                                     d. 4
3.      Pasar industri atau bisnis dalam kriteria segmentasi ada...
a.         3                                                     c. 5
b.        4                                                     d. 6
4.      Agama, kewarganegaraan, kelompok etnis termasuk ke kriteria segmentasi dari...
a.         Geografi                                         c. Psikografi
b.        Demografi                                      d. Pasar indutri atau bisnis
5.      Proses mengkotak-kotakan pasar ke dalam kelompok-kelompok yang memiliki kesamaan kebutuhan, definisi menurut...
a.         Hermawan Kartajaya                      c. McDaniel
b.        Philip Kotler                                               d. Renald Kasali
6.      Seni mengidentifikasikan serta memanfaatkan peluang-peluang yang muncul di pasar, pengertian dari...
a.         Segmentasi                                      c. Penentuan sasaran
b.        Mass-Market Strategy                     d. Repositioning
7.      Manfaat segmentasi terbagi menjadi...
a.         6                                                     c. 4
b.        5                                                     d. 3
8.      Niche-Market Strategy termasuk ke dalam...
a.         Penempatan diri                              c. Langkah-langkah dalam penentuan pasar
b.        Segmentasi                                      d. Repositioning
9.      Menghindari pesaing langsung yang berada di segmen yang lebih besar termasuk dalam strategi...
a.         Growth-Market Strategy                  c. Mass-Market Strategy
b.        Niche-Market Strategy                    d. Semua benar
10.  Langkah-langkah dalam positioning terbagi menjadi...
a.         4                                                     c. 8
b.        7                                                     d. 5
11.  Memposisikan produk ke dalam segmen tertentu termasuk ke dalam...
a.         Langkah-langkah positioning                      c. Repositioning
b.        Penentuan sasaran                          d. Segmentasi
12.  Status sosial, gaya hidup dan kepribadian termasuk ke dalam kriteria segmentasi dari...
a.         Geografi                                         c. Psikografi
b.        Demografi                                      d. Pasar industri atau bisnis
13.  Pasar industri atau bisnis dalam kriteria segmentasi terbagi menjadi...
a.         3                                                     c. 4
b.        5                                                     d. 6
14.  Wilayah, kota dan desa termasuk ke dalam kriteria segmentasi dari...
a.         Geografi                                         c. Psikografi
b.        Demografi                                      d. Pasar industri ataau bisnis
15.  Pendapatan, pekerjaan dan pendidikan termasuk ke dalam kriteria segmentasi dari...
a.         Geografi                                         c. Psikografi
b.        Demografi                                      d. Pasar industri atau bisnis

KUNCI JAWABAN!
BAB 2!
16.  D                        6. C                  11. C
17.  B                        7. B                  12. D
18.  D                        8. A                 13. B
19.  A                        9. C                  14. A
20.  C                        10. D               15. B
BAB 3!
1.      B                        6. A                 11. B
2.      D                        7. A                 12. A
3.      C                        8. D                 13. A
4.      C                        9. B                  14. D
5.      D                        10. A               15. C
BAB 4!
1.      A                        6. C                  11. C
2.      B                        7. B                  12. D
3.      C                        8. A                 13. A
4.      D                        9. B                  14. D
5.      D                        10. C                15. B
BAB 5!
1.      A                        6. B                  11. D
2.      D                        7. B                  12. C
3.      A                        8. A                 13. B
4.      D                        9. D                 14. A
5.      C                        10. D               15. A
BAB 6!
1.      A                        6. D                 11. C
2.      C                        7. A                 12. B
3.      A                        8. B                  13. B
4.      B                        9. B                  14. A
5.      C                        10. C                15. B
BAB 7!
1.      D                        6. A                 11. A
2.      D                        7. D                 12. C
3.      D                        8. C                  13. D
4.      B                        9. B                  14. A

5.      D                        10. B                15. B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar